Rabu, 21 Mei 2014

FENOMENA KARAOKE DI INDONESIA


KARAOKE DI INDONESIA


Karaoke Indonesia
Akhir akhir ini budaya karaoke mulai menjamur di Indonesia, hal ini ditandai dengan maraknya didirikan tempat karaoke atau rumah-rumah bernyanyi di penjuru Indonesia serta tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyanyikan lagu-lagu karaoke. Tentu saja hal ini tidak serta merta menjadi suatu hal yang negatif, melainkan sebuah fenomena positif dimana berkaraoke merupakan alternatif bagi sebagian besar peminat karaoke untuk menghilangkan stres, menghilangkan kejenuhan, bahkan sampai dijadikan sarana pengekspresian perasaan. Karena dengan bernyanyi, maka perasaan seseorang akan menjadi terekspresikan, menjadi lebih lega, dan lebih semangat lagi. 


Hiburan karaoke menjadi bentuk hiburan yang populer pada semua kalangan masyarakat Indonesia, mulai anak-anak, dewasa hingga orang tua banyak yang antri di sebagian tempat rumah bernyanyi, namun pastinya dominan remaja dan dewasa. Fenomena karaoke yang begitu cepat berkembang sampai dipelosok menjadi tren tersendiri bagi sebagian besar remaja Indonesia, banyak yang menjadikan tempat karaoke sebagai ajang nongkrong sambil bernyanyi sampai dijadikan ajang perayaan hari-hari bahagia mereka dengan bernyanyi di tempat-tempat karaoke. 


Menjadikan karaoke sebagai hiburan nomor satu atau favorit merupakan hal yang wajar, karena berkaraoke atau bernyanyi memiliki manfaat yang begitu besar bagi kita. Berkaraoke atau bernyanyi memiliki manfaat psikis dan fisik, yaitu :


Secara psikis:
 
Melepas Stres
berkaraoke atau bernyanyi merupakan salah satu cara aman melepas stress. Kita bisa melampiaskan kemarahan dengan bernyanyi, teriak secara emosi hingga merasakan titik kelegaan dalam diri. Hal ini dapat menjadi solusi cerdas dalam melepaskan stress. Bila anda merasa stres dengan pekerjaan kantor, rumah atau lingkungan sekitar, anda bisa mencoba berkaraoke atau bernyanyi untuk melepas stres.


Memunculkan Perasaan Senang dan Bahagia
Ketika bernyanyi tubuh kita memproduksi hormon endorphin yang sama ketika kita berolahraga. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang. Hormon ini muncul akibat peregangan otot pada saat kita bernyanyi.


Meningkatkan Kecerdasan Emosional
Alunan musik yang baik bisa memberikan sugesti yang baik ke dalam pikiran kita bahwa seni atau musik itu adalah indah sehingga memberikan sensasi kedamaian. Olehnya dalam jiwa kita senantiasa menginginkan perasaan damai.

Secara Fisik:
 
Menghilangkan perasaan ngantuk atau kantuk
Ketika anda merasa ngantuk cobalah bernyanyi
-nyanyi kecil, hal ini akan menghilangkan ngantuk anda. Hal ini disebabkan karena saat bernyanyi kita akan mengatur nafas secara intens yang akan memompa detak jantung kembali normal, ketika detak jantung normal maka aliran oksigen ke otak akan normal juga sehingga perasaan ngantuk akan hilang.


Obat Awet Muda
bernyanyi merupakan obat awet muda, karena bernyanyi akan meremajakan kulit wajah kita. Ketika bernyanyi otot-otot wajah akan bekerja atau berkontraksi secara alami yang menyebabkan kulit wajah menjadi kencang.


Membuat kita lebih Komunikatif
keseringan bernyanyi tentu saja secara tidak langsung anda melatih dalam penegasan kata dalam setiap bait lagu. Hal ini akan melatih kemampuan bertutur kata, berintonasi, berartikulasi, dan kemampuan berbicara anda akan lebih baik.


Menyehatkan Jantung
Bernyanyi dapat pula diartikan sebagai olahraga untuk jantung karena pada saat bernyanyi senantiasa akan melibatkan pengolahan nafas. Pernapasan yang terolah dengan baik akan membuat detak jantung berada dalam kondisi normal, tidak dalam kondisi lemah.

Dengan begitu besarnya manfaat bernyanyi atau berkaraoke di atas maka wajar saja banyak masyarakat Indonesia menjadikan karaoke sebagai hiburan nomor satu di sela-sela kesibukan mereka yang begitu padat. Walaupun berkaraoke di rumah-rumah karaoke tergolong mahal namun tidak menurunkan animo atau minat masyarakat untuk melepaskan stress di tempat karaoke yang kadang menghabiskan waktu hingga berjam-jam.


Ruang Karaoke di Rumah


Ruang Karaoke di Rumah
Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk ke tempat karaoke atau anda merasa akan mengeluarkan biaya yang begitu mahal jika anda ke tempat karaoke setiap hari, hal ini bisa  anda atasi dengan membuat ruang karaoke sendiri di rumah. Dengan adanya ruang karaoke sendiri di rumah, anda akan menyempatkan untuk berkaraoke kapanpun anda mau pada saat ada waktu luang dan anda tidak akan kepikiran lagi untuk mengeluarkan biaya yang mahal bila berkaraoke di rumah sendiri. 


Ruang karaoke di rumah bisa anda buat dengan kompenen TV yang besarnya sesuai selera kemudian dipadukan dengan Home Theatre atau Mixer lengkap dengan speaker dan anda tinggal menyiapkan 2 (dua) buah microfon (mic) maka anda sudah siap berkaraoke dirumah anda sendiri. Bila anda merasa ruangan tempat karaoke anda terlalu bising, ribut dan mengganggu anggota keluarga yang lain atau tetangga, maka anda bisa membuat ruang karaoke anda menjadi ruang kedap suara.


Membuat ruangan kedap suara untuk berkaraoke juga bisa digunakan sebagai ruang nonton dengan menggunakan home theatre yaitu anda harus melapisi dinding, lantai, plafon dan pintu anda dengan bahan karpet, gypsum, plywood. Jika ingin lebih maksimal meredam suara, tambahkan panel kedap suara yang dipasang berjarak dari depan dinding. Rongga diantara panel ini bisa berfungsi sebagai peredam suara yang baik.


Mempunyai ruangan di rumah, yang khusus untuk berkaraoke dan menonton film, tampaknya bukan hal aneh lagi di masa kini. Bukan hanya bagi kalangan atas, sebagian pemilik rumah dari kalangan menengah kini juga mulai mencoba menyediakan ruangan kedap suara untuk menikmati hiburan di rumah mereka selepas kerja berat di kantor.  

Setelah anda membuat ruangan karaoke yang kedap suara maka anda bisa lebih leluasa berkaraoke dengan suara yang tidak anda batasi atau meluapkan semua energi anda untuk berteriak sesuai irama lagu kesukaan anda tanpa harus khawatir mengganggu keluarga atau tetangga. 


Bilamana anda kekurangan lagu-lagu untuk berkaraoke di rumah, atau anda menginginkan lagu-lagu karaoke kesukaan anda, anda bisa mendownloadnya pada site di bawah ini :






Demikian tulisan mengenai Fenomena Karaoke di Indonesia, semoga memiliki manfaat bagi kita semua.
Ditulis oleh: Trika Putri Lagu Karaoke Updated at : 5/21/2014 12:06:00 PM

29 komentar:

  1. Kak sya bisa request gag kak....lagu santai dari steven coconut trezz dan pesta pantai dri toniq rastafara

    BalasHapus
    Balasan
    1. inbox aj gan d fb Joe Si Jhojo Handy,,, tpi mp3 format nya,,, gratisss

      untuk mbak Trika Putri,, blog nya sangat menarik,,, d tunggu update lgu nya,,,

      Hapus
  2. Makasih requestnya yah Andika, lagunya akan saya perbaharui di artikel download lagu karaoke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk.trika putri lagu2 malasiyax ada ga

      Hapus
    2. Mbk.trika putri lagu2 malasiyax ada ga

      Hapus
    3. Lagu Karaoke Malaysia sementara proses upload yah, gak lama lagi di publish,.

      Hapus
  3. Salam kenal..
    Boleh riques lagu sagita mbk......???

    BalasHapus
  4. Mbk boleh reques lagu nya sagita gak mbk....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik yah Frand, untuk lagu dangdut silahkan cek di artikel download lagu karaoke dangdut,.Makasih yah,.

      Hapus
  5. moga makin cantik aza ea kak n makin sucses dalam segala bidang
    amin............

    BalasHapus
  6. Update dong lagu baru pop indonesia, seperti lagu seventeen - simpan cintamu, sumpah ku mencintaimu, lagunya ungu - terbaik pokoknya update lagu-lagu baru dong,, makasih sebelumnya.
    Salam Aroel dari Makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu lagu pop indonesia akan diupload pada artikel tersendiri mas aroel, akan disortir sesuai nama band/penyanyinya,. sementara proses yah,.

      Hapus
  7. request lagu mbak, setia band terbaru. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu Setia Band akan dibuatkan artikel tersendiri, sebentar lagi siap dan akan diposting segera. Makasih requestnya,.

      Hapus
  8. Nanya mbak boleh minta software karaoke yang bisa untuk nyetel lagu2nya itu? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya mas/mbak, nyetel lagu bagaimana maksudnya mas/mbak? sebagian besar lagu karaoke ini no vocal, vocalnya gak bisa di munculin lagi,.

      Hapus
  9. apa ada software karaoke nya yg free??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih mas Lucky, tapi yg free itu kualitas nya juga gak maksimal,.

      Hapus
  10. tingkiu mbak Trika Putri, salam kenal dr Bulungan (KalTara)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga Mas Ulul, salam kenal balik yah,.

      Hapus
  11. makasi atas lagu2nya. lam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga atas kunjungannya mas Admin, salam kenal balik.

      Hapus
  12. request lagunya selamat tinggal indra lesmana dan gilang ramadan jadoel tapi menyentuh hati lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas kunjungan dan requestnya mas Cahar, akan diupload pada lagu karaoke tembang kenangan,.

      Hapus
  13. lagu andai aku bisa dong dari chrisye

    BalasHapus
  14. kk sy mau masuk ke karoke indonesia ko gagal terus yaa.. knp itu kk ko bisa begono :D
    tolong infonya kk cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Baru balas, klik aja linknya mas/mbak, itu ada linknya pada bagian atas, atau pada bagian kanan atas juga ada, yang tulisannya Download Lagu Karaoke.

      Hapus
  15. Request lagu2 nya sammy dan kerispatih full album dong mb...mks

    BalasHapus